Eksportir Kerajinan Latih KPM PKH Desa Purbowangi Hasilkan Produk Tembus Pasar Luar Negeri


Puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Purbowangi, Kecamatan Buayan mendapat pelatihan khusus pembuatan kerajinan dan home decor dari bahan pelepah pisang.

Pelatihan diberikan saat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Aula Balai Desa Purbowangi, Rabu (22/5/2024).  Pendamping PKH desa Purbowangi, Nur Arifin, S.Sos. menggandeng dengan pengusaha eksportir kerajinan Agrominafiber sebagai narasumber.

"Acara ini berkolaborasi dengan salah satu eksportir kerajinan yaitu Bapak Rudi sebagai founder Agrominafiber." kata Arifin.

Arifin menjelaskan, kegitan yang dilaksanakan tersebut selaras dengan materi yang terdapat pada modul pengelolaan keuangan dan rencana usaha oleh Kementerian Sosial RI. 

"Kegiatan ini diisi dengan memberikan pembekalan materi pengolahan limbah pelepah pisang yang di lanjutkan dengan praktek pengolahan." jelas Arifin.

Pengolahan daur ulang sampah ini, menurut Arifin, sangat didukung oleh pemerintah desa. Kepala desa Purbowangi, Sugimin, S. Sos. mengutarakan bahwa kegiatan ini selaras dengan program yang sedang digalakkan oleh desanya yaitu adanya bank sampah. 

"Sehingga kegiatan ini dapat mendukung masyarakat untuk lebih kreatif dan peka terhadap lingkungan untuk menciptakan barang yang bernilai jual tinggi dengan berbahan dasar limbah lewat ekpor." kata Sugimin.

(Reporter: Arifin | Editor: Rachmat)

Posting Komentar